7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Mengenal Fungsi Klinik Spesialis Anak dan Cara Kerjanya

Mengenal Fungsi Klinik Spesialis Anak

Klinik spesialis anak – Dalam kedokteran ada yang namanya dokter umum dan dokter spesialis. Biasanya sebelum datang ke dokter spesialis, pasien akan memeriksakan diri ke dokter umum terlebih dahulu barulah saat dirasa tidak ada perkembangan pasien akan dirujuk ke dokter spesialis. 

Karena sudah spesialis maka biaya atau tarifnya berbeda. Dokter spesialis ini tarifnya lebih mahal dibandingkan dengan dokter umum meski begitu hasil pengobatannya akan jauh lebih maksimal.

Begitu pula saat memeriksakan anak ini, agar mendapatkan penanganan yang terbaik dan yang tepat sebaiknya memilih klinik spesialis anak. Yang namanya spesialis hanya akan fokus ke dunia anak dan kesehatan anak sehingga pemeriksaannya lebih teliti dan juga detail.

Kapan Membutuhkan Klinik Spesialis Anak?

Banyak orang tua yang salah mengira bahwa klinik spesialis anak ini hanya untuk mengobati anak saja namun klinik ini mencakup fungsi dan peran yang lebih kuas atau kompleks. Anda bisa melakukan imunisasi di klinik ini. Imunisasi sendiri mengacu pada pencegahan penyakit tertentu dengan cara menyuntikkan vaksin yang bisa membantu tubuh dalam mengembangkan kekebalan terhadap patogen yang bisa menyebabkan penyakit tersebut. Anak membutuhkan vaksinasi yang lengkap seperti campak, cacar, rubella, hepatitis maupun difteri. 

Klinik spesialis ini juga berfungsi memberikan konsultasi atau pemeriksaan cacat bawaan. Tidak semua cacat bawaan tersebut diobati. Terutama jika hal tersebut tidak menimbulkan gangguan atau membatasi fungsi atau mobilisasi tubuh. Namun cacat bawaan ini memungkinkan anak untuk mendapatkan pengangkatan eksisi maupun bedah. Hal ini klinik harus kerja sama atau melakukan kolaborasi dengan ahli bedah maupun dengan spesialis lainnya agar hasilnya maksimal. 

Klinik spesialis anak ini juga digunakan untuk pencegahan penyakit. Dokter spesialis anak tidak hanya mengobati penyakit saja namun juga bisa melakukan pencegahan. Anak bisa dibawa ke klinik untuk pemeriksaan tahunan. Pemeriksaan ini juga digunakan untuk bisa memantau tumbuh dan juga kembang anak. Anak yang sehat akan memiliki tumbuh kembang yang baik, begitu pula sebaliknya.

Klinik spesialis ini juga memiliki fungsi perbaikan gizi. Gizi ini menjadi hal yang penting dalam menjaga kesehatan anak. Anak harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi agar selain sehat dia juga bisa mencapai tumbuh kembang yang maksimal.

Cara Kerja Klinik Spesialis Anak

Di dalam klinik spesialis khusus anak ada DSA atau dokter spesialis anak. Hubungan anak dengan dokter ini akan dimulai setelah anak lahir.  DSA akan memberikan instruksi kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke klinik. Setelah lahir anak-anak harus ke dokter selama beberapa kali dalam waktu satu tahun hingga usia anak mencapai 5 tahun. 

Pemeriksaan bisa berupa pemeriksaan fisik sampai dengan konseling seperti nutrisi, tidur yang tepat untuk anak, perkembangan mental maupun fisik dan sebagainya. Baru setelah 5 tahun anak bisa ke dokter setahun sekali untuk pemeriksaan.

Bagi Anda yang ingin berkonsultasi tentang kesehatan anak, mengetahui tumbuh dan kembang anak dan sebagainya bisa menghubungi OMDC yaitu klinik spesialis anak terbaik dan terpercaya di Indonesia, silahkan hubungi kontak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Related Posts
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar