7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

5 Aktivitas Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan di Taman Nasional Wakatobi

 

5 Aktivitas Terbaik di Taman Nasional Wakatobi
Source: unsplash.com

Apa yang terlintas pertama kali saat mendengar kata Wakatobi? Benar, menyelam dan menyaksikan keindahan bawah laut bak nirwana di dunia. Taman Nasional Wakatobi memang berada di kawasan The Coral Triangle yang menjadi salah satu spot dengan keanekaragaman biota laut tertinggi. Bahkan, Wakatobi termasuk ke dalam kategori Three Coral Pearls yang menjadi salah satu dari destinasi pariwisata prioritas oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.

Untuk menikmati keindahan surga bawah laut di Taman Nasional Wakatobi, maka Anda perlu membayar biaya masuk senilai Rp160.000. Warga tersebut cukup terjangkau untuk menebus pesona alam bawah laut yang memang sangat layak untuk diselami.

Setelah itu, Anda pun dapat menikmati berbagai aktivitas seru di Taman Nasional Wakatobi. Belum tahu dan bingung menentukan cara terbaik berlibur di Wakatobi? Berikut adalah saran kegiatan asyik yang wajib kamu lakukan di taman nasional ini.

 

Menyelam di Taman Nasional Wakatobi

Menyelam di Taman Nasional Wakatobi
Source: indonesia.travel

Bermula dari Ekspedisi Wallacea pada 1995, keindahan alam Taman Nasional Wakatobi semakin tersohor hingga ke mancanegara. Popularitas taman nasional ini pun mengundang para pecinta aktivitas menyelam untuk mengeksplorasi panorama bawah laut. Kegiatan penyelaman kebanyakan berupa wall diving atau penyelaman dinding. Aktivitas tersebut dilakukan karena sebagian besar terumbu karang di Wakatobi memiliki kemiringan yang relatif terjal.

Di antara puluhan titik lokasi penyelaman, sejumlah spot diving yang paling terkenal adalah Hoga Channel dan Karang Runduma. Para penyelam dapat menikmati pemandangan keindahan panorama alam bawah laut Wakatobi secara lebih dekat. Di taman nasional ini, Anda dapat menyaksikan pesona terumbu karang dan berbagai biota laut di air yang jernih. Sehingga, cukup jelas untuk menjumpai udang karang, gurita, ikan napoleon, kerapu, hingga nudibranch di perairan Wakatobi.

 

Menenangkan Diri di Pulau Hoga

Pulau Hoga
Source: indonesiakaya.com

Salah satu spot menarik di kawasan Taman Nasional Wakatobi adalah Pantai Pulau Hoga. Berada di pulau yang terpencil, Pulau Hoga menawarkan pengalaman liburan yang jauh dari keramaian. Karena itulah, pulau ini sangat diminati oleh wisatawan yang ingin menenangkan diri dan lari sejenak dari rutinitas pekerjaan.

Pulau Hoga memang lebih sepi jika dibandingkan dengan pulau lainnya di kawasan Kepulauan Wakatobi. Anda dapat menginap di Hoga Dive Resort untuk merasakan kenyamanan menginap di tengah keheningan pulau. Apalagi, listrik hanya tersedia mulai pukul 18.00 hingga 00.00 WITA di pulau ini. Makanya pulau ini benar-benar pas untuk memutuskan kontak sejenak dari hal-hal yang memusingkan diri karena ketergantungan teknologi.

 

Wisata Edukasi di Penangkaran Penyu

Jika Anda ke Taman Nasional Wakatobi, sebaiknya tidak hanya ber-hip-hip hura. Soalnya, taman nasional ini memiliki destinasi khusus untuk wisata edukasi. Berada di Pulau Anano Runduma, wisatawan dapat merasakan langsung pengalaman berkunjung ke penangkaran penyu hijau.

Pulau tersebut memang merupakan pusat penangkaran dan penetasan telur penyu hijau. Saat Anda berkunjung pada musim bertelur dan menetasnya telur penyu hijau, maka Anda pun berkesempatan menyaksikan atraksi pelepasan anak penyu hijau ke perairan Taman Nasional Wakatobi.

 

Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba

Atraksi Lumba-lumba
Source: travel.trubus.id

Pertunjukan lumba-lumba yang dieksploitasi sangat tak direkomendasikan untuk menjadi hiburan. Namun, Wakatobi memiliki destinasi wisata alami untuk menyaksikan ribuan atraksi lumba-lumba secara langsung di tengah laut lepas. Wisatawan dapat disuguhi pertunjukan menawan dari hewan laut menggemaskan yang seolah-olah sedang menari di perairan Wakatobi.

Waktu terbaik untuk menjumpai atraksi lumba-lumba pada pagi hingga siang hari. Untuk menyaksikannya, maka Anda harus naik kapal menuju tengah laut di antara pulau Wangi-Wangi dan Kapota. Perjalanan menuju spot pertunjukan tarian lumba-lumba membutuhkan waktu sekira 15 menit. Adapun jenis lumba-lumba yang dapat disaksikan di taman nasional ini cukup beragam. Mulai dari lumba-lumba biasa atau lumba-lumba ikan,  lumba-lumba paruh panjang, lumba-lumba hidung botol, lumba-lumba totol, lumba-lumba bergaris, lumba-lumba abu-abu, lumba-lumba fraser, lumba-lumba putih cina, hingga  lumba-lumba gigi kasar.

Memotret Macro-diving Photography

Taman Nasional Bawah Laut Wakatobi merupakan salah satu spot macro-diving photography terbaik di dunia. Betapa tidak, saat menyelam di kawasan ini, Anda dapat menyaksikan lebih dari 400 spesies koral dan 700 spesies ikan. Sehingga, Wakatobi kerap disebut-sebut sebagai surganya macro-diving photography.

Anda bahkan tak perlu berenang jauh-jauh untuk mendapatkan spot menawan dan menakjubkan. Cukup persiapkan lensa makro dan kamera untuk menjepret foto dengan mengandalkan kejelian mata. Jangan sampai melewatkan momen fantastis, seperti gerombolan ikan, nudibranch yang berwarna-warni, dan kuda laut pygmy di sela-sela terumbu karang yang indah.



Demikian informasi mengenai Taman Nasional Wakatobi yang cocok sebagai destinasi liburan Anda. Untuk mendapatkan informasi wisata lainnya di Wakatobi, Anda bisa mengunjungi Wonderful Indonesia.


Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar