7WxW0BwfuKmx1EPBJmqUIT8xLtYZA4d5uEbC5S5P

Wisata di Kalimantan Paling Populer

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memang memiliki ribuan destinasi wisata yang tersebar di seluruh negeri. Umumnya, destinasi seperti Lombok dan Bali selalu menjadi pilihan pertama bagi para wisatawan, sebab keindahan alam serta warisan budayanya masih sangat kental. Dibandingkan dengan Bali dan Lombok, Wisata di Kalimantan juga ternyata tak kalah indah.

Sebagai pulau terbesar kedua di Indonesia, Kalimantan mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang sangat menawan. Nah, berikut ini wisata kalimantan paling populer yang harus Anda kunjungi jika sedang berlibur di Kalimantan.

1. Pulau Derawan


Pulau Derawan

Pulau Derawan ini terletak di Kalimantan Timur, pulau yang satu ini mempunyai beberapa objek wisata yang sangat menakjubkan dan mengesankan. Terdapat batu yang sepanjang 18 meter berjarak dari 10 meter di bawah permukaan laut, yaitu Blue Tigger Wall, salah satu tempat yang terbaik untuk menyelam.

Tidak hanya itu, berenang bersama dengan ubur-ubur yang terdapat pada tempat ini juga menjadi salah satu daya tarik utamanya. Diving atau snorkeling pun dapat membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan.

2. Danau Sentarum


Danau Sentarum

Sebagian besar kawasan Danau Sentarum ini terdiri dari hutan hujan dengan lahan rawa gambut besar dan tingkat rendah. Tempat yang satu ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin melihat beberapa jenis fauna dan flora dengan pemandangan yang tentunya tidak biasa.

Lokasi Danau Sentarum ini terletak di Kalimantan Barat yang memiliki luas 132.000 hektar. Saat musim hujan, Danau Sentarum ini akan terlihat seperti hutan yang sedang terendam air. Namun, berbeda lagi saat musim kemarau tiba, yang akan Anda lihat hanyalah padang dengan hutan, air pun hanya sedikit saja. Sangat unik!

3. Taman Nasional Tanjung Puting


Taman Nasional Tanjung Puting

Tempat yang satu ini memang salah satu taman nasional terpopuler di Kalimantan. Orangutan juga sering terlihat bergelantungan dari pohon ke pohon di tempat ini yang luasnya sekitar 415.040 hektar. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru di Taman Nasional Tanjung Puting ini.

Terdapat Sungai Sekonyer yang dapat dikelilingi dengan menggunakan transportasi semacam kapal atau yang sering disebut dengan klotok. Selama perjalanan, Anda dapat mengamati orangutan yang sedang asyik bergelantungan di pohon. Ada juga hewan macan tutul, kancil, serta satwa-satwa menggemaskan lainnya di tempat ini. Jika sudah menjelang sore, pemandangan di Sungai Sekonyer akan terlihat semakin indah karena pantulan sunset.

4. Bukit Kelam


Bukit Kelam

Bukit Kelam ini terletak di apit oleh dua sungai besar, yakni Sungai Kapuas dan Sungai Melawi. Bukit yang terdapat di Kalimantan Barat ini ternyata adalah sebuah batu.

Untuk bisa sampai di Bukit Kelam, Anda dapat menggunakan jalur darat dengan jarak yang ditempuh sekitar 400 kilometer dari Kota Pontianak dan jalur udara dengan rute dari Pontianak ke Sintang. Anda pun dapat mendaki Bukit Kelam yang sangat menakjubkan ini.

Memiliki dua cara yang bisa Anda lakukan jika ingin mendaki di Bukit Kelam ini, yaitu menggunakan tangga yang sudah disediakan atau benar-benar mendaki dengan cara mandiri. Dengan pemandangan sunrise-nya yang sangat indah akan menghilangkan rasa lelah Anda selama mendaki di Bukit Kelam ini.

5. Pasar Terapung Muara Kuin


Pasar Terapung Muara Kuin

Rasanya belum sah jika liburan ke Kalimantan tanpa berkunjung ke pasar tradisional khas Kalimantan Selatan ini, yakni Pasar Terapung Muara Kuin. Lokasi Pasar Terapung ini terletak di Sungai Barito di muara Sungai Kuin, Banjarmasin.

Pasar Terapung ini beroperasi setiap harinya mulai dari pukul 09.00 pagi. Anda dapat berbelanja dengan menggunakan perahu kayu yang merupakan ikon utama di tempat ini. Tidak hanya hasil bumi yang bisa Anda beli di Pasar Terapung Muara Kuin ini, namun masih banyak lagi yang menjual souvenir dan kuliner khas dari Banjarmasin.

Nah, itulah wisata Kalimantan paling populer yang Wajib untuk Anda kunjungi. Temukan tempat wisata kalimantan lainnya di WisataKalimantan.com
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar